Steps of Service

 Steps of Service (Waiters)

Dokumentasi tahun 2018 bersama teamwork sebelum prepare dan bekerja 

 Hallo sobat kak cin, banyak yang rekomendasikan nih. Sind sharing-sharing dong seputar waiters selama kerja di lkkr cafe. Alhamdulillah, baiklah semoga kalian tertarik ya.

 Btw, aku sangat bahagia banget selama kerja disana dari tahun 2017-2021 dan pernah juga merasakan bagaimana aku bisa mendapat nilai A hehehe.

 Ohiya, napa gak kerja disitu lagi sind? Karena setelah pandemi perubahan system menjadi 1 shift dan bentrok jadwal saat masih kuliah.

 Jadi, aku memutuskan melanjutkan kuliah padahal hati masih ingin tetap di lkkr karena semua crewnya baik-baik banget dan aku tidak ada masalah lain selain itu. 

Okay pembahasan lanjut ya. Ini menurut pengalamanku. Sebelumnya dalam dunia service kita harus melakukan 4 hal ini terlebih dahulu :

1. Prepare and focus

    Kita dalam keadaan siap secara penampilan, kebersihan diri seorang servis, fisik, dan pengetahuan produk yang ingin ditawarkan. Fokus adalah utama dari kesiapan kita.

2. Sopan santun, Senyum, Sigap dan Ramah (S3 + R)

 Semua pelanggan adalah istimewa, Wajib senyum untuk semua orang. Apapun masalah yang dihadapi tetap tersenyum. 

3. Creative

 Kita harus sigap dan paham apa yang akan kita lakukan. Creative dalam menawaran produk, berkomunikasi dan lain-lain.

4. Eye Contact

    Beri perhatian khusus saat berkomunikasi kepada tamu. Paham apa yang diinginkan oleh tamu. Memperhatikan tamu dan mendatangkan tamu baru yang datang di sebuah cafe tersebut.

 Setelah itu, Steps of Service (Waiterss) :

Dokumentasi bersama istri wagub medan yaitu ibu sri ayu mihari pas pembukaan dekranasda di tim mumubutikue

1. Greeting the guest

     Menyambut tamu pada saat datang "Hallo, Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam 🙏. Terima kasih telah berkunjung. Tanyakan ada berapa orang kepada tamu tersebut, beri pilihan ruangan kepada tamu (guest),

 Apakah ingin berada di area smooking atau non-smooking area? Membukakan kursi mereka dan mempersilahkan duduk. Hal ini penting dilakukan sebagai salam hangat untuk tamu.

2. Offering menu

    Kamu yakin dapat menjawab beberapa pertanyaan tentang menu apa saja atau special kepada tamu  tersebut. Beri penjelasan tentang menu yang tersedia dan menu favorite yang ada dalam cafe tersebut kepada tamu kita. 

3. Presenting the menu 

    Selalu memberikan makanan atau minuman dengan tangan kanan. Lihat dan paham budaya di masing-masing negara, Apa yang diperbolehkan dan yang tidak. Persentasikan menu dengan baik dan jelas.

4. Taking Order

    Dalam mencatat dan menerima beberapa pesanan, diharapkan seorang waiterss harus teliti agar tidak terjadi kesalahan order. 

5. Serving Order

    Agar tamu merasa nyaman, kita tetap selalu memperhatikan etika dan kerapian diri kita. Bagaimana cara menyajikan orderan dengan baik, menyajikan hidangan utama (main course) ataupun menu lainnya seperti appetizer, dessert, dan sebagainya.

6. Billing System

    Silahkan ini bill nya bapak/ibu abang/kakak, di cek kembali dan terima kasih. Jangan ragu untuk menghitung kembali berapa harga nominal uang yang dikeluarkan pelanggan jika pembayaran cash.

 Karena kekeliruan service pada step ini, Apabila pelayan salah, dianggap customers bahwa cafe and resto tersebut tidak profesional.

7. Thanking the guest

    Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada tamu. 

8. Clear up

    Mengangkat piring atau gelas kotor dan membersihkan kembali meja yang sudah digunakan oleh tamu sebelumnya.  

9. Setting Table

    Kita wajib menata kembali meja yang berantakan. Pastikan meja dan kursi dalam keadaan bersih dan rapi.

Dokumentasi photo setelah jam kerja dan pengambilan ini 4 tahun sekali selama di lkkr😁 

    Every day and all day we deal with people. Dan setiap tamu yang berkunjung punya tujuan masing-masing. Ada yang healing time, Dating someone else, ada yang broken heart, bithday party celebration, quality time with family, etc.

 Dari kondisi tersebut, kita dapat melihat dan harus paham seseorang dengan situasinya. Bagaimana cara kita menghangatkan situasi mereka dan profesional waiters yang dibutuhkan tamu seperti excellent service, sigap, selling and upselling.

 Disini aku dalam tahap terus belajar, senang bekerja, dan memperbaikinya. First impression very very important, we have to look good, we have to be shine, we have to be standing up, you're clean, you're smilling and energetic 👍 

Work hard, Work smart and enjoy life. Thank you. Semoga bermanfaat 😇



Komentar

Postingan Populer