Steps of Service
Steps of Service (Waiters)
Hallo sobat kak cin, banyak yang rekomendasikan nih. Sind sharing-sharing dong seputar waiters selama kerja di lkkr cafe. Alhamdulillah, baiklah semoga kalian tertarik ya.
Okay pembahasan lanjut ya. Ini menurut pengalamanku. Sebelumnya dalam dunia service kita harus melakukan 4 hal ini terlebih dahulu :
1. Prepare and focus
Kita dalam keadaan siap secara penampilan, kebersihan diri seorang servis, fisik, dan pengetahuan produk yang ingin ditawarkan. Fokus adalah utama dari kesiapan kita.
2. Sopan santun, Senyum, Sigap dan Ramah (S3 + R)
Semua pelanggan adalah istimewa, Wajib senyum untuk semua orang. Apapun masalah yang dihadapi tetap tersenyum.
3. Creative
Kita harus sigap dan paham apa yang akan kita lakukan. Creative dalam menawaran produk, berkomunikasi dan lain-lain.
4. Eye Contact
Beri perhatian khusus saat berkomunikasi kepada tamu. Paham apa yang diinginkan oleh tamu. Memperhatikan tamu dan mendatangkan tamu baru yang datang di sebuah cafe tersebut.
Setelah itu, Steps of Service (Waiterss) :
1. Greeting the guest
Menyambut tamu pada saat datang "Hallo, Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam 🙏. Terima kasih telah berkunjung. Tanyakan ada berapa orang kepada tamu tersebut, beri pilihan ruangan kepada tamu (guest),
Apakah ingin berada di area smooking atau non-smooking area? Membukakan kursi mereka dan mempersilahkan duduk. Hal ini penting dilakukan sebagai salam hangat untuk tamu.
2. Offering menu
Kamu yakin dapat menjawab beberapa pertanyaan tentang menu apa saja atau special kepada tamu tersebut. Beri penjelasan tentang menu yang tersedia dan menu favorite yang ada dalam cafe tersebut kepada tamu kita.
3. Presenting the menu
Selalu memberikan makanan atau minuman dengan tangan kanan. Lihat dan paham budaya di masing-masing negara, Apa yang diperbolehkan dan yang tidak. Persentasikan menu dengan baik dan jelas.
4. Taking Order
Dalam mencatat dan menerima beberapa pesanan, diharapkan seorang waiterss harus teliti agar tidak terjadi kesalahan order.
5. Serving Order
Agar tamu merasa nyaman, kita tetap selalu memperhatikan etika dan kerapian diri kita. Bagaimana cara menyajikan orderan dengan baik, menyajikan hidangan utama (main course) ataupun menu lainnya seperti appetizer, dessert, dan sebagainya.
6. Billing System
Silahkan ini bill nya bapak/ibu abang/kakak, di cek kembali dan terima kasih. Jangan ragu untuk menghitung kembali berapa harga nominal uang yang dikeluarkan pelanggan jika pembayaran cash.
Karena kekeliruan service pada step ini, Apabila pelayan salah, dianggap customers bahwa cafe and resto tersebut tidak profesional.
7. Thanking the guest
Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada tamu.
8. Clear up
Mengangkat piring atau gelas kotor dan membersihkan kembali meja yang sudah digunakan oleh tamu sebelumnya.
9. Setting Table
Kita wajib menata kembali meja yang berantakan. Pastikan meja dan kursi dalam keadaan bersih dan rapi.
Disini aku dalam tahap terus belajar, senang bekerja, dan memperbaikinya. First impression very very important, we have to look good, we have to be shine, we have to be standing up, you're clean, you're smilling and energetic 👍
Work hard, Work smart and enjoy life. Thank you. Semoga bermanfaat 😇
Komentar
Posting Komentar